Mungkin ini adalah
fitnah dikalangan penuntut ilmu tentang perselisihan pendapat di kelas elit
para ahli ilmu. Kini aku sedang membahas tentang seorang ustadz yang digembar
gemborkan salah satu dari sekte wahabi salafi.
Salafi wahabi merupakan
nama yang tercemar buruk dikalangan masyarakat indonesia bahkan dunia, sebab
mereka cenderung mengkafirkan golongan golongan lain selain daripada golongan
mereka. Berkaitan tentang
ustadz ini dalam beberapa ceramahnya dia mengatakan bahwa kita harus
membenarkan lagi tauhid kita dan menghapus semua ibadah ibadah yang tak pernah
di ajarkan atau dicontohkan oleh Nabi para sahabat dan tabiut tabiin.
Dalam prinsip yang
disebutkan diatas, saat ini banyak sesuatu yang bersifat ibadah adalah sesuatu
yang belum ada pada zaman nabi saw, para sahabat dan tabiin. Sehingga sang
ustadz merasa ada sesuatu yang perlu diluruskan. Hal hal Seperti
Tawasul, Tabarruk, Istighatsah memakai gelang, menggunakan tamimah, Tahlilan
Wirid, Ziarah Kubur, Maulid dan lain lain merupakan hal hal yang telah
membudaya di kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga pasti akan sangat sulit untuk merubah itu semua.
Aku berfikir mengenai
tradisi yang sudah berjalan bertahun tahun diwariskan dari orang tua ke orang tua. Lantas jika ustadz ustadz
yang digembar gemborkan wahabi mengatakan bahwa hal itu adalah bid`ah, Apakah
para orang tua dari zaman dulu beribadah tanpa dasar, keyakinanku saat ini aku
pikir tidak, mereka tidak akan sebodoh itu.
Untuk menemukan
penerangan dalam persoalan ini, aku mulai mencari referensi untuk dijadikan
diskursus. Aku menemukan sebuah buku yang ditulis oleh seorang mufti terakhir
hijaz zaman Turki Utsmani yakni Sayid Ahmad bin Zaini Dahlan. Buku ini berjudul
tentang wahabisme kumpulan dalil, kritik dan bantahan argumentatif atas mazhab
wahabi. Yang paling penting dan
awal untuk di ketahui sebelum membaca karya tulis seseorang adalah latar
belakang sang penulis tersebut. sebab jangan sampai kita belajar kepada orang
yang tidak mempunyai kriteria yang patut untuk berhujjah atau berargumen
tentang persoalan ini.
Sayid ahmad adalah
seorang mufti terakhir haramain mekah dan madinah terakhir di zaman turki
utsmani. beliau lahir di mekah pada tahun 1232 H / 1816 M. Berbicara tentang
wahabisme tentu berawal dari seseorang bernama Muhammad bin abdul wahab. Dalam
konteks bantahan argumentatif atas mazhab wahabi ini harus kita ketahui selisih
zaman antara sayid ahmad bin zaini dahlan dan muhammad bin abdul wahab.
Muhammad bin abdul wahab lahir pada tahun 1111 H / 1701 M dan wafat pada 1206 H
/ 1793 M. Dengan kata lain Sayid ahmad lahir 23 tahun setelah muhammad bin
abdul wahab wafat.
Sepengetahuanku tentang
sejarah arab saudi yang kudapat dari beberapa video dan buku adalah penyerangan
oleh Abdul Aziz Ibnu Saud dari Najd Dariyyah ke Mekah dan menguasai daerah
seluas Arab Saudi sekarang. Dalam perjalanannya Abdul Aziz Ibnu Saud berafiliasi
dengan Muhammad Bin Abdul Wahab. kolaborasi antara pemimpin dan ulama.
Sehingga logikaku
merasa bahwa setelah berdirinya negara arab saudi maka seluruh mazhab yang
berlaku di arab saudi adalah mazhab dan fatwa yang di berikan oleh muhammad bin
abdul wahab beserta para penerus mazhab ini. Negara kerajaan saudi
arabia berdiri pertama kali pada 23 september 1932 M dengan penaklukan awal
dimulai pada tahun 1902 M.
Mari kita telisik
sedikit tentang kronologi berdirinya negara Arab Saudi. Pada tahun 1916 M Inggris
mengarahkan pandangannya ke Arab khususnya Mekah dan Madinah. Saat itu Mekah
dan Madinah dipimpin oleh Syarif Hussein yang dipercayakan oleh Khalifah di
Istanbul pada saat itu. Maka Inggris mengirim seorang tokoh bernama Lawrence
yang kelak dikenal dengan nama Lawrance Of Arabia. Lawrance Of Arabia diserahi
tugas untuk memata matai Arab. Inggris yang diwakili oleh lawrence mulai mempengaruhi
Syarif Husein. Dia menawarkan kemerdekaan kepada Haramain dia sebagai Raja nya
dan uang yang banyak.
Syarif Husein yang
merupakan kakek buyut dari Raja Abdullah di Yordania sekarang tergiur dan
memutuskan bekerja sama dengan inggris untuk memisahkan diri dari turki
utsmani. Setelah berhasil membuat
kudeta Hijaz kepada Turki Utsmani dan memisahkan diri dari Khilafah, Lawrence pun
mulai mendatangi pemimpin di Riyadh atau Najd yakni Abdul Aziz Ibnu Saud. Dia
menawarkan militer dan uang yang banyak untuk menyerang haramain. Inggris
sengaja memilihkan pemimpin yang cocok untuk memimpin mekah dan madinah dalam
waktu kedepan dan pemimpin itu jatuh kepada Abdul Aziz Ibnu Saud.
Abdul aziz yang watak
nya telah dipelajari oleh inggris menerima tawaran itu. Dia menandatangani
perjanjian dengan dengan inggris pada 1916 dengan membuat persekutuan militer
antara militer inggris dan tentara Sa`ud. Abdul Aziz Ibnu Saud pun
menyerang dan mengambil alih kepemimpinan Haramain dari Syarif Husein. Dia pun
melanjutkan penyerangan dan penaklukan beberapa kota di semenanjung arab sampai
pada 23 September berdirilah Kerajaan Saudi Arabia yang dipimpin oleh seorang Raja
yang bernama Abdul Aziz Ibnu Saud.
Didalam buku itu
diceritakan bahwa muhammad bin abdul wahab merupakan seorang penuntut ilmu yang
rajin di mekah dan madinah. Diabelajar kepada banyak guru guru besar di dua
kota itu. Namun anehnya para guru banyak yang meyakini keanehan dalam cara
berfikir muhammad bin abdul wahab dan menduga bahwa kelak muhammad bin abdul
wahab akan melenceng dari ahlussunnah wal jamaah. Ternyata benar, didalam
buku itu diterangkan bahwa muhammad bin abdul wahab mulai tidak berseoakat
dalam beberapa hal khususnya tentang pemurnian tauhid, tentang hal hal yang
dilakukan oleh masyarakat arab yang dianggapnya syirik.
Entah apa maksud dan
tujuannya dia berangkat menuju Najd dan bertemu dengan Abdul Aziz ibnu Saud.
Muhammad bin abdul wahab menyebarkan aqidahnya kepada masyarakat najd yang
didalam buku tersebut diterangkan bahwa masyarakat najd kurang terpelajar atau
awam. Sehingga dengan demikian mudah bagi muhammad bin abdul wahab untuk
menyebarkan paham yang kini disebut oleh paham wahabisme.
Yang membuatku
menggerutkan dahi adalah muhammad bin abdul wahab mengatakan kepada masyarakat
yang ingin menerima ajarannya harus mengakui bahwa dimasa sebelumnya mereka
telah musyrik dan harus bertaubat lagi dan orang orang tua mereka telah mati
musyrik. Sebab katanya tidak menerapkan tauhid dengan benar.
Kita memang harus
memurnikan tauhid, tapi tak perlu mengambil tugas tuhan untuk menstempel siapa
yang merupakan ahli syurga dan siapa yang ahli neraka. Jika perilaku muhammad
bin abdul wahab adalah benar seperti itu maka tak lain dan tak bukan wahabisme
tak jauh berbeda dengan golongan Khawarij.
Selain itu banyak ulama
yang mengaitkan penaklukan Abdul Aziz ibnu saud dengan hadist hadis nabi yang
menyatakan bahwa akan ada fitnah yang datang dari timur hijaz yakni wilayah
tempat abdul aziz ibnu saud berasal. Beberapa hadistnya adalah sebagai berikut.
1. Nabi bersabda “ disinilah fitnah itu,
disini! Fitnah itu akan berasal dari sini” rasulullah mengucapkan itu seraya
menunjuk kearah timur ( Najd )
2. Nabi bersabda “akan keluar dari arah
timur segolongan manusia yang membaca al quran, namun tidak sampai melewati
kerongkongan mereka ( tidak sampai ke hati ). Mereka keluar dari agama seperti
anak panah keluar dari binatang buruannya, mereka tidak akan dapat kembali
seperti anak panah yang tidak akan
kembali ketempatnya, tanda tanda mereka adalah berambut gundul,”
3. Akan ada perselisihan dan perseteruan
pada umatku. Ada suatu kaum yang bagus ucapannya, namun buruk perbuatannya.
Mereka membaca al quran, tetapi iman mereka tak melewati kerongkongann, mereka
lepas dari islam sebagaimana anak panah lepas dari bintang buruan, mereka tidak
akan kembali pada islam hingga anak panah itu kembali pada busurnya. Mereka
seburuk buruknnya makhluk dan tabiat. Beruntunglah orang yang membunuh mereka
atau dibunuh mereka. Mereka mengajak pada kitab allah, tetapi justru mereka
tidak mendapat bagian sedikit[ punn dari al quran. Barang siapa yang memerangi
mereka, maka orang yang memerangi itu lebih baik di sisi allah dari mereka.
Ciri ciri mereka adalah bercukur gundul.
4. Di akhir zaman nanti akan keluar
segolongan kaum yang muda usianya, bodoh cara berpikirnya, mereka berbicara
dengan sabda manusia terbaik ( rasulullah
) dan membaca al quran, namun tidak sampai melewati kerongkongan. Mereka
keluar dari agama islam seperti anak panah tembus keluar dari ( badan )
binatang buruannya. Maka, apabila kalian bertemu dengan mereka bunuhlah karena
membunuh mereka mendapat pahala di sisi allah pada hari kiamat “
5. “ada segolongan manusia dari umatku
yang memiliki ciri berambut gundul.mereka membaca al quran, tetapi al quran itu
tidak melewati kerongkongan mereka. Mereka lepas dari islam sebagaimana anak
panah lepas tembus dari binatang buruan. Mereka seburuk buruknya makhluk dan
tabiat.
6. Akan datang segolongan manusia dari
timur, mereka membaca al quran, tetapi al quran itu tidak melewati kerongkongan
mereka. Mereka lepas dari islam sebagaimana anak panah lepas tembus dari
binatang buruan. Mereka tidak akan kembali pada islam sampai anak panah itu
kembali pada busurnya. Ciri ciri mereka bercukur gundul.
7. Pusat kekufuran itu ada di daerah timur.
Kebanggaan pada diri sendiri dan kesombongan terletak pada para pemilik kuda
dan unta.
8. Dari sinilah fitnah fitnah akan
bermunculan. Beliau menunjuk ke arah timur dari madinah yaitu najd.
9. Hati yang keras dan perangai yang kasar
ada pada penduduk timur, sementara iman aada di penduduk hijaz.
10. Ya allah berkahilah kami pada syam kami.
Ya allah berkahilah kami pada negeri yaman kami. Para sahabat berkata wahai
rusulullah doakan pula negeri najd kami. Beliau bersabda ya allah berkahilah
kami pada negeri syam kami. Ya allah berkahilah kami pada negeri yaman kami.
Sedangkan pada negeri yang ketiga itu rasulullah bersabda disana muncul bencana
dan fitnah. Dan disana akan muncul tanduk setan.
11. Akan muncul sekelom[ok manusia dari arah
timur yang membaca al quran namun tidak melewati tenggorokan mereka. Setiap
kali terputus satu generasi maka muncul generasi berikutnyahingga generasi
akhir mereka akan bersama dajjal.
Didalam hadist tersebut
jelas diterangkan dari mana fitnah akan datang. Seperti apa perilaku mereka
bahkan diterangkan ciri ciri fisiknya yakni bercukur gundul. Didalam buku itu
dituliskan bahwa memastikan bahwa muhammad bin abdul wahab serta murid muridnya
yang berpaham wahabisme lah yang dimaksud rasul pada hadist tersebut. Sebab
mereka bercukur gundul keseluruhan. Berkaitan dengan ustadz
ustadz tersebut diatas yang di tuduhkan wahabi kepada mereka lepas dari satu
jeratan dikarenakan mereka tidak gundul.
Selanjutnya kita akan
membahas mengenai beberapa hal tentang hal yang dianggap perilaku syirik atau
bid`ah oleh ustadz ustadz yang dituduhkan wahabi pada mereka.
1.
Tawasul
2.
Istigatsah
3.
Maulid nabi
4.
Pengagungan benda di seputar ka`bah
5.
Menghadap ke makam rasul ketika berdoa
6.
Nida`
7.
Takfir
8.
Tahlilan, selamatan ataupun kematian (
Ustadz Abdul Hakim Bin Amir Abdat )
9.
Mencari keberkahan dari orang soleh
10.
Qunut Subuh ( Ustadz Zainuddin )
11.
Menggunakan tasbih ( Ustadz Subhan
Bawazier )
12.
Terlalu hormat kepada manusia seperti
cium tangan dan membungkuk (Ustadz Yazid Jawas )
13.
Dakwah tidak boleh minta bayaran Ustadz
Yazid Jawas )
14.
Menepikan keberadaan walisongo ( ustadz
badrussalam )
15.
Hukum memberi uang pada peminta minta (
Ustadz Yazid Jawaz )
16.
Dakwah harus di masjid ( Ustadz Yazid
Jawas )
17.
Membangun makam ( ustadz zainal abidin )
Didalam banyak
ceramahnya beliau beliau yang dituduhkan wahabi adalah meraka yang terus
menerus mengulang kata “mari kembali kepada Al quran dan sunnah” juga sebuah
hadist yang berbunyi “jauhilah perkara perkara yang baru dalam agama, sebab
perkara perkara baru itu adalah bid`ah dan bid`ah adalah sesat dan kesesatan tempatnya
di neraka” mereka gencar untuk memberantas TBC ( Tahayyul, Bidah dan Churafat )
1.
Tawasul
Berasal dari kata wa sa
la yang berarti pekerjaan untuk menekatkan diri kepada sesuatu atau seseorang.
Menurut istilah, kalimat berarti menjadikan perbuatan perbuatan baik, orang
orang soleh dan orang orang ang dekat
dengan allah sebagai perantara agar tercapai keinginan dan terjawabnya doa.
BERSAMBUNG DULU YA....